| Administrator

Card Image

RSUD RAA Soewondo – Pati (26 Maret 2024). Penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Pati dari bulan Januari hingga Maret 2024 mengalami peningkatan. Data yang diambil dari Rumah Sakit Soewondo Pati, pasien rawat inap kasus DBD terus bertambah. Ada total 221 selama 3 bulan yaitu dari bulan Januari ada 65 kasus, bulan Februari ada 76 kasus, dan bulan Maret ada 80 kasus.

Wakil Direktur Pelayanan, dr. Ali muslihin, M.M menerangkan untuk kondisi ruangan di Rumah Sakit Soewondo Pati hingga saat ini sudah memadai dan apabila ada peningkatan kasus, akan dilakukan langkah-langkah antisipasi seperti memanfaatkan ruangan ruangan yang ada (tidak terpakai).

“Ada 1 kasus korban meninggal dunia karena DBD itu pada bulan Februari. Pesan kami kepada masyarakat dengan kondisi saat ini dimana musim hujan belum reda, berhati-hatilah dengan disiplin melaksanakan 3 M plus yaitu menutup, menguras tempat penampungan air, dan mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan kembangbiak nyamuk,” ujar dr. Ali.

Meskipun saat ini kasus DBD di Rumah Sakit Soewondo Pati mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dirinya (dr. Ali) menyatakan ini masih dalam batas terkendali dan hingga saat ini belum dinyatakan kejadian luar biasa (KLB).

“Pemberantasan sarang nyamuk dengan 3 M plus masih menjadi upaya utama. Adapun fogging efektif membunuh nyamuk yang dewasa saja, tidak mampu memutus rantai perkembangbiakan nyamuk dari telur, jentik-jentik hingga nyamuk biasa,” pungkasnya.