Agar Tubuh Tetap Fit Selama Puasa

Oleh : Admin | Pada : Jumat, 10 Juni 2016 | Dibaca : 729 kali

Ia menambahkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan bisanya diabaikan kebanyakan orang, agar tubuh senantiasa fit meskipun melakukan puasa seharian.

Hal-hal yang tidak boleh diabaikan saat tengah menjalankan puasa diantaranya:

Perbanyak konsumsi makanan mengandung serat saat sahur. Konsumsi buah utuh (tidak di jus) agar mendapat serat alami, sehingga pengosongan lambung berjalan lebih lambat. Kombinasikan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi (lebih baik beras merah), kentang, untuk menjaga kecukupan kadar glukosa dalam tubuh.

Saat berbuka puasa, hindari mengkonsumsi es, soda, yang akan membuat lambung kembung. Cukup minum teh manis hangat dan menu takjil, kurma dan lain-lain. Jangan langsung makan besar, beri rentang 30 menit agar lambung tidak kaget. Perhatikan juga cara mengunyah yang baik hingga halus sehingga mudah diserap.

Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramdhan adalah setelah shalat tarawih. Sedangkan pagi tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga berat seperti lari yang akan membuat tenaga dan cadangan energi segera terpakai dan cepat habis.

Sangat tidak dianjurkan setelah melakukan santap sahur langsung tidur. Posisi tubuh yang sejajar setelah makan justru akan membuat asam lambung naik. Saat bangun perut bisa berkontraksi sehingga menimbulkan rasa mual, muntah, dan perut kembung.

Beri porsi asupan nutrisi. Saat berbuka menu takjil 10-15 persen, berbuka dengan makan besar sejumlah 30-35 persen, setelah shalat tarawih dianjurkan untuk menambah asupan nutrisi sebesar 10-15 persen, sedangkan selebihnya sahur 30-35 persen. (*)

Sumber