| Administrator

Card Image

Apel pagi ini bisa memberikan motivasi kepada karyawan untuk meningkatkan kinerja karena ada pengarahan dan motivasi peningkatan kinerja.

RSUD RAA Soewondo – Pati (26 Februari 2024). UPT RSUD RAA Soewondo Pati tengah menggelar apel pagi di halaman rumah sakit, tepatnya di depan kantor bagian Tata Usaha. Peserta apel yang diikuti oleh seluruh karyawan yang mewakili bagiannya masing masing diantaranya perwakilan dari dokter, struktural, perawat, bidan, teknis, administrasi, dan mahasiswa dari kedokteran maupan keperawatan yang praktek di Rumah Sakit Soewondo Pati.

Plt Direktur RSUD RAA Soewondo Pati, Hartotok, melalui Kabid Keprawatan, Warji, yang bertugas sebagai pembina apel mengatakan kegiatan apel pagi di Rumah Sakit Soewondo Pati adalah kegiatan yang rutin sesuai dengan aturan di Pemda bahwasannya setiap institusi wajib melaksanankan apel pagi setiap hari Senin. Peserta apel Rumah Sakit Soewondo Pati yang diikuti oleh seluruh karywan yang sedang tidak melaksanakan pelayanan langsung, ditambah juga mahasiswa praktikan co-ass, perawat, maupun mahasiswa praktikan yang lain. “Apel pagi ini bisa memberikan motivasi kepada karyawan untuk meningkatkan kinerja karena apel pagi ada pengarahan dan motivasi peningkatan kerja”, ujar Kabid Keperawatan Rumah Sakit Soewondo Pati.

Saat memberikan pengarahan di apel pagi (masih Warji) menyampaikan tentang kesepakatan percepatan pasien pulang dihari H untuk retur obat dari Rawat Inap ke Farmasi dilakukan pada H-1, karena jika pas hari H tentunya kerangka waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian retur obat menjadi panjang. Akibat adanya kebijakan manajemen tentang percepatan pasien pulang, jam visite dokter ditetapkan pukul 08.00 sampai jam 12.00.  Dirinya juga menghimbau untuk teman-teman admin ruangan apabila setelah pasien dinyatakan pulang, data pasien yang ada di komputer harap segera dikeluarkan. Harapannya sistem informasi tempat tidur yang kosong bisa terlihat di admisi ataupun bisa berkoordinasi dengan baik antara admisi, IGD, dan ruangan rawat inap. Tentang aplikasi digital cuti yang paperless, selain hemat di cost juga dirasa lebih efektif karena dengan adanya digital cuti, karyawan dapat mengurus cuti dengan mengisi form cuti di komputer yang sudah diapprove atasan langsung, sehingga tidak perlu riwa-riwi di kantor lagi. 

Di tempat yang sama, Kabag Tata Usaha, Kiki Apriyanti, menegaskan jika apel pagi wajib diikuti oleh karyawan yang tidak sedang melaksanakan pelayanan langsung. Dirinya juga berpesan jika apel pagi itu terdapat berbagai macam informasi yang penting kaitannya dengan tugas unit masing-masing. Bagi yang mengikuti apel pagi bisa memberikan  informasi kepada temannya yang sedang melakukan pelayanan langsung.