| Administrator

Card Image

RSUD RAA Soewondo – Pati (05 Maret 2024). Rumah Sakit Umum Daerah RAA Soewondo Pati memiliki banyak pelayanan poli klinik rawat jalan, salah satunya poliklinik Rehabilitasi Medik. Poliklinik yang buka praktek setiap hari Senin sampai dengan hari Sabtu di jam kerja ini melayani pasien BPJS maupun umum. Adapun petugasnya terdiri dari satu dokter spesialis rehabilitasi medik, 4 fisioterapis, 1 terapis wicara, 1 okupasi, 2 psikologi, dan 1 admin.

dr. Bobby Kennedy, S.p. K.F.R sebagai dokter spesialis di poliklinik Rehabilitasi Medik mengatakan, “rehabilitasi medik merupakan suatu cabang ilmu kedokteran, dimana dia akan mengobati atau memberikan penanganan kepada keadaan-keadaan gangguan fisik ataupun gangguan fungsi yang diakibatkan oleh penyakit, juga bisa traumatik dengan berbagai macam intervensi medis terapi atau dengan program-program rehabilitasi yang intinya mengembalikan fungsi seseorang.”

“Misalkan pada pasien-pasien stroke banyak kehilangan fungsi berjalan, fungsi menelan, maka disini kita hadir untuk mengembalikan fungsi atau fisik yang terganggu akibat dari penyakit stroke,” imbuhnya.

Lalu kepada siapa sajakah pelayanan kesehatan rehabilitasi medik dapat diberikan? Dirinya (dr. Bobby) mengatakan cakupannya sangat luas. Dari bayi yang baru lahir sampai lanjut usia atau lansia bisa periksa kesehatan disini. Suatu contoh anak dengan gangguan fisik sejak lahir atau anak dengan keterlambatan perkembangan, anak dengan gangguan pernafasan atau batuk, hingga usia lanjut yang mengalami gangguan fungsi. “Diketahui bahwasannya pelayanan rehabilitasi medik dan fisioterapi merupakan dua hal yang berbeda. Walaupun tempat polikliniknya jadi satu, akan tetapi rehabilitasi medik ibarat kapal didalamnya itu ada fisioterapi. Bisa dibilang fisioterapi merupakan bagian dari rehabilitasi medik.”

“Pihak penyedia kesehatan harus memberikan edukasi dan promotif kepada pasien supaya selalu menjaga kebugaran dan kesehatan dengan aktif bergerak. Sebenarnya penyakit degeneratif bisa kita tunda yaitu dengan berolahraga secara teratur, jaga pola makan sehat, dan berfikir positif,” jelasnya.