| Administrator

Card Image

RSUD RAA Soewondo – Pati (14 Maret 2024). Promosi kesehatan UPT RSUD RAA Soewondo Pati tengah menggandeng Instalasi Hemodialisa atau (HD) untuk melakukan penyuluhan sekaligus sosialisasi terkait diet nutrisi terhadap pasien yang gagal ginjal kronis di Ruang Hemodialisa pada hari Kamis, 14 Maret 2024.

Sambil menunggu pasien yang sedang melakukan perawatan HD, terlihat keluarga pasien sangat antusias mengikuti dan mendengarkan penyuluhan yang disampaikan oleh beberapa pemberi materi. Adapaun pengisi materi sekaligus merangkap sebagai narasumber dari petugas hemodialisa yaitu Lisa Nursana, Amk. dan Aji Cahyono, S.Kep, Ners.

Di depan audiens dan tim PKRS, Lisa menjelaskan tentang pentingnya pasien hemodialisis melakukan diet nutrisi, karena diet ini bertujuan guna menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, menghindari terjadinya penumpukan cairan dalam tubuh, mampu melakukan aktivitas sehari-hari, dan bisa menghindari dari penyakit komplikasi.

Di tempat yang sama, secara bergantian Aji Cahyono menyampaikan tentang ada beberapa tips diet menurut PERNEFRI yaitu makanan tinggi energi seperti madu ataupun sirup yang dianjurkan, makan secara teratur seperti porsi kecil tapi sering, contoh 5 – 6 kali sehari dan bila jumlah air kencing kurang dari normal maka perlu membatasi cairan yang berasal dari makanan dan minuman.

“Kami anjurkan mengkonsumsi dengan makanan sumber energi seperti, roti, nasi, mie, makroni, dan lontong, adalah beberapa contoh makanan sumber energi yang berguna menjaga dan memperbaiki status gizi pasien. Adapun makanan sumber protein yang dianjurkan seperti, telur, daging, ikan, dan kacang-kacangan berfungsi untuk kekuatan otot dan daya tahan tubuh,” terang Lisa saat memberikan penyuluhan didepan audiens.

Seperti yang telah diketahui, IPKRS adalah promosi kesehatan rumah sakit yang merupakan salah satu upaya dilakukan untuk pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien, keluarga pasien, dan bahkan kepada pengunjung, yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan serta menyampaikan segala macam informasi kesehatan disertai pemberdayaan dan pengembangan sumber daya manusia dan masyarakat.