| Administrator

Card Image

RSUD RAA Soewondo – Pati (12 Maret 2024). Pelayanan Laboratorium di RSUD RAA Soewondo Pati meliputi pemeriksaan 24 jam sesuai permintaan dari IGD dan Ruang Rawat Inap yang merupakan salah satu instalasi layanan unggulan yang ada di RSUD RAA Soewondo Pati. Laboratorium ini juga mendukung pelayanan Poliklinik Rawat Jalan. Terdapat alat-alat canggih dan otomatis disini diantaranya Kimia Klinik, Imunoserologi, Urinalisa, Mikrobiologi (kultur dan tes sensitivitas), Tes Cepat Molekuler (untuk TB Paru), juga pemeriksaan Analisa Gas Darah (AGD). Pada kondisi tertentu pasien gawat darurat bisa menggunakan layanan Analisa Gas Darah atau AGD. Alat ini berfungsi untuk mengukur kadar oksigen dan karbon dioksida. Pada umumnya pemeriksaan ini untuk mengetahui fungsi organ paru-paru apakah sudah berjalan dengan baik atau belum.

dr. Enny rohmawati, Sp.PK selaku Kepala Instalasi Laboratorium menerangkan bahwa demi mendukung pelayanan yang terbaik, dirinya mengaku pelayanannya harus ditunjang dengan alat-alat canggih dan modern, seperti contohmya alat Hematologi Otomatis. Alat ini digunakan untuk pemeriksaan hemoglobin, hemokonsentrasi, juga untuk mengetahui jumlah leukosit dan trombosit.

“Pemeriksaan laboratorium bisa dilayani selama 24 jam ketika ada permintaan dari Instalasi Unit Gawat Darurat (IGD) dan Ruang Rawat Inap. Kita memiliki alat-alat laboratorium seperti hematologi, alat kimia klinik, alat mikrobiologi (kultur dan tes sensitivitas), alat kogulasi, dll. Laboratorium Soewondo Pati juga sudah memakai Laboratorium Information System (LIS),” jelas dr. Enny saat memberi keterangan di ruangan kerjanya.

Kurang lebih 7 tahun Laboratorium Rumah Sakit Soewondo Pati sudah memakai Laboratorium Information System yaitu sejak dari tahun 2017. Sistem ini terkoneksi langsung dengan ruangan-ruangan yang melaksanakan pelayanan kesehatan. Dengan memiliki fasilitas seperti LIS dan alat-alat modern, diharapkan bisa menunjang untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pasien. 

Laboratorium Information System merupakan sistem yang terdapat pada fasilitas kesehatan dimana bertujuan untuk mengelola informasi hingga mendukung tindakan tepat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan kinerja laboratorium.