Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil


Di usia kehamilan, ibu hamil mungkin tidak disarankan untuk melakukan aktivitas yang terlalu berat. Walaupun demikian, menggerakkan tubuh juga sangat disarankan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Simak beberapa manfaat jalan kaki bagi ibu hamil dibawah ini:

Mengurangi risiko terjadinya keguguran

Berjalan kaki di pagi hari, atau di lingkungan yang terhindar dari polusi udara. Oksigen yang dihirup akan dialirkan menuju plasenta bayi, sehingga mendukung pertumbuhan janin dan juga berguna untuk memperkuat rahim.

Jalan kaki di kehamilan trimester akhir bisa dilakukan kapan saja, tidak harus di pagi hari. Yang terpenting Ibu merasa senang dan nyaman saat melakukannya. Berjalan kaki juga bisa meningkatkan sirkulasi aliran darah secara keseluruhan dan menguatkan otot-otot yang digunakan selama kehamilan.

Meningkatkan Stamina

Berjalan kaki secara rutin setiap hari akan membantu melatih otot tubuh menjadi lebih rileks dan elastis, sehingga Ibu tidak mudah lelah dan tetap aktif dalam segala suasana saat masa kehamilan.

Melancarkan Proses Persalinan

Saat jalan kaki, seluruh otot panggul dan rahim akan menjadi lebih rileks, kondisi ini akan sangat membantu membuka jalan lahir, sehingga memungkinkan Ibu melahirkan secara normal dan pemulihan pasca persalinan juga menjadi lebih cepat.


Sumber : http://promkes.kemkes.go.id

Alamat

Jl. Dr. Soesanto No. 114 Kecamatan Pati Kabupaten Pati Kodepos 59118

Jam Besuk

  • Pagi 11:00 - 13:00 WIB
  • Sore 17:00 - 19:00 WIB

Catatan :
Anak usia dibawah 14 tahun tidak diperkenankan masuk kedalam ruang perawatan, Terima kasih.

Layanan Pengaduan

+6285878787812

Social Media